Rabu, 23 Februari 2011

Kendaraan Trans Solo

Dua Moda Transportasi Siap Warnai Solo

Solo, CyberNews. Dua moga transportasi baru, railbus dan bus tingkat wisata, dipastikan akan menyapa publik Solo pada 20 Februari mendatang. Jadwal tersebut mundur dari rencana awal, 17 Februari, bertepatan dengan HUT Ke–266 Kota Solo.
Hal itu karena menunggu kesiapan dua angkutan massal tersebut untuk diuji coba di Kota Bengawan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Yosca Herman Soedrajad menjelaskan, untuk bus tingkat wisata akan didatangkan pada 15 Februari malam. Sementara untuk railbus, pada 18 Februari direncanakan baru tiba di Solo.
“Untuk bus tingkat rencana didatangkan malam hari, karena mempertimbangkan situasi lalu lintasnya. Kemarin kami sudah cek di tempat karoserinya, CV Tri Sakti Magelang. Semua sudah siap, tetapi nanti sejumlah komponen baru akan dipasang di sini,” jelasnya, saat ditemui usai rapat koordinasi transportasi di Loji Gandrung, Rabu (9/2).
Selama sebulan, lanjut Herman, pihak Mercedez Benz selaku produsen bus tingkat akan melakukan test drive. Sebelum mengoperasikan bus tersebut, ujar dia, perlu menuntaskan persoalan dengan bekerjasama instansi lain. Sebab, ada beberapa hal yang dianggap menghambat operasional bus tingkat. Diantaranya, kabel kabel listrik, pohon besar yang batangnya bergelantungan di tengah jalan dan beberapa tiang reklame.
Sementara untuk railbus, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta juga akan mengembangka jalur di dalam kota, Gladag–Jebres. Namun, diakui Herman rencana tersebut membutuhkan kajian yang lebih jauh. “Kami akan memasang rel baru, jadi tidak perlu membongkar jalur lama yang sudah ada. Karena hal itu justru menimbulkan efek sosial yang besar. Jalur baru itu juga akan melintas di tengah kota,” tambah Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar